26th Sea Games: Belajar Banyak Sekali!

No Comments »

November 28th, 2011 Posted 9:00 am

Sejak Si Sulung dianggap berbakat jadi atlet dan disarankan untuk menambah jam latihan agar bisa ikut dalam pelatihan yang lebih tinggi, nonton pertandingan wushu di Sea Games ke-26 2011 mulai masuk dalam jadwal. Beruntung, cabang olah raga wushu diadakan di Tennis Indoor Senayan. “Kapan lagi bisa lihat atlet luar negeri tanding di Jakarta?” ujar seorang jiao lian (pelatih).

Sambil menunggu jadwal pertandingan yang memang diadakan menjelang akhir penyelenggaraan Sea Games, anak-anak memantau terus kabar dari arena. Belajar mengenal berbagai jenis cabang olah raga. Tak ketinggalan, dua lagu yang kerap diputar di televisi”Kita Bisa” dan “Ayo Indonesia Bisa” selalu dinyanyikan dengan gaya mereka, lantang nyaris teriak.

Atur sana-sini, akhirnya hari Kamis siang, 17 November 2011 kami ikut melihat bagaimana proses para atlet internasional mencoba arena. Tiap kontingen negara diberi waktu 25 menit. dari pelenturan sampai melompat bagai terbang kami lihat langsung.  Read the rest of this entry »

Xie Xie, Jiao Lian!

No Comments »

November 26th, 2011 Posted 8:55 am

Setelah Si Sulung dan Si Bungsu berhenti dari tempat les robotikanya awal tahun 2011 ini, kami mencoba kegiatan lain yang tidak kalah seru: wushu!

Seorang kawan menyarankan, “Untuk anak macam Yla dan Vyel yang gak bisa diam, terutama Yla yang agak sulit mengatasi emosinya, perlu olah raga yang seimbang kanan dan kiri. Misalnya wushu, renang, sepeda, hiking.” Si Sulung sejak keluar dari sekolah formal, perlu pemulihan luka batin atas yang dialaminya di sekolah dulu.

Aku membuka Google, mencari di mana tempat wushu yang terdekat dari rumah. Sasana Rajawali Sakti di Kelapa Gading. Lumayan juga harus menempuh jarak 8 km dua kali seminggu, tapi tak ada salahnya untuk dicoba.

Hari pertama Si Sulung resmi menjadi murid wushu, dia begitu semangat campur gugup. Wushu bukan olah raga mudah. Kombinasi gerakan tangan-kaki dan kanan-kiri cukup menguras konsentrasi. Si Sulung sangat fokus, belum pernah aku melihatnya begitu fokus, bahkan selama mengajarnya robotika di tempat les maupun di rumah.

Read the rest of this entry »

E-book Si Kaki Putih, Si Kaki Hitam, dan Si Cokelat

No Comments »

November 9th, 2011 Posted 10:00 am

Si Kaki Putih, Si Kaki Hitam, dan Si Cokelat

G. Lini Hanafiah & Mikayla Karissa Denel
ISBN: 978-979-18815-5-5
Penerbit: Via Lattea Foundation
60 hal
18×18 cm

Untuk mengunduh, silakan klik di sini.

Menganyam Gedebog Pisang

No Comments »

November 4th, 2011 Posted 5:41 pm

Gedebog pisang oleh-oleh dari tante Ratna Kusuma Halim masih saja nganggur di tempatnya. Mau dibuat gantungan pisang atau sejenisnya kok sayang ya? Jarang-jarang nih dapet gedebog pisang. Akhirnya, gimana kalau dianyam aja? Si Sulung dan Si Bungsu kan belum pernah menganyam.

Berhubung gedebong pisangnya kaku dan ukurannya tidak sama (panjang/lebar), jadi ditempel aja dulu di lantai. Sebagian dari berjajar vertikal, sisanya berjajar horisontal.

Pelan tapi pasti. Si Sulung dan Si Bungsu belajar cara menganyam. Sabar, teliti, dan tekun.

Ini dia hasilnya! Mirip kipas tukang sate ya?

Besok, kita mendaur ulang apa lagi ya?

Frame It Sepeda versi Vyel-Lini

No Comments »

November 4th, 2011 Posted 5:14 pm

Sepeda

Kenapa sepeda? Benda satu ini lagi lengket banget sama anak-anak. Mereka rela bangun pagi-pagi pasang alarm demi naik sepeda. Biasanya mereka bangun bisa jam 9 pagi.

Berhubung Si Bungsu lebih condong ke urusan mekanik, maka versi Vyel untuk mengingatkan dia sama prinsip dasar mekanika.

bahan yang diperlukan, masih dari barang bekas

bikin rodanya dari art carton

tempel roda yang sudah dihias di atas kertas biru. tempel kertas biru di atas kertas putih. tempel lagi di atas karton 3mm

tempel “gear driver” di antara 2 roda

tempel “gear follower” kecil di roda belakang

gambar rantai yang menyambung dua gear

jadinya seperti ini ^^

belajar:

- rigid shape (bentuk segitiga)

- gear searah

- gearing up (driver lebih besar dari follower)

- fungsi rantai untuk menyambung 2 gear

sesi 1 dikerjakan tgl 2 Sept.

sesi 2 dikerjakan tgl 5 Sept.

*bu guru mana yang tahan pending kerjaan kayak gini? >.<

Frame It Sepeda versi Vyel-Lini

No Comments »

November 4th, 2011 Posted 5:06 pm

Sepeda

Kenapa sepeda? Benda satu ini lagi lengket banget sama anak-anak. Mereka rela bangun pagi-pagi pasang alarm demi naik sepeda. Biasanya mereka bangun bisa jam 9 pagi.

Berhubung Si Sulung lebih condong ke urusan artistik, maka versi Yla juga lebih artistik.

semua bahan dari barang bekas. termasuk kertas origami bekas

membuat roda dari styrofoam, sekalian belajar menggunakan jangka

jadi roda!

ibu bikin rangka sepeda. ayah jadi tukang poto

Yla menghias roda belakang

Vyel menghias roda depan

bikin dan pasang poros roda dari sedotan kecil supaya roda bisa berputar

pasang roda dan rangka sepeda seperti ini

lengkapi sepedanya

jadinya seperti ini ^^ yang kuning itu efek lampu

Niatnya sih bikin 1 karya untuk 2 anak. Biar gak repot maksudnya ;p

Berhubung bikinnya rada susah, jadi partisipasi Si Bungsu ga banyak.

Alhasil, kita semua sibuk, Vyel juga sibuk sendiri.

Yla sibuk kerja Vyel sibuk meregangkan punggung

semua sibuk masing2, termasuk Ayah sibuk poto2 ;p

Maka, Ibu merasa perlu untuk bikin sekuelnya…

Pustaka Buah: Matoa

No Comments »

July 28th, 2011 Posted 6:41 pm

Photo: Loesiana Is

Nama buah: Matoa (Pometia pinnata)

Daging
Warna: Putih
Rasa: Manis, kenyal
Biji: satu

Kulit
Warna: hitam, merah marun, hijau

Daging buah bertekstur kenyal mirip kelengkeng, rasa manis juga rasa kelengkeng dengan aroma sedikit berbeda.
Kulit luar keras tapi tipis, mirip manggis.

Photo: Iggy Budiman H.

Kulit dalam agak tebal, lunak, empuk, seperti jeruk bali.
Ukuran seperti buah rambutan.

Fakta seru: rasa dan aroma buahnya seperti campuran dari beberapa buah yang kita kenal (kelengkeng, rambutan dan durian). Buah khas dari Sulawesi Utara (Kotamobagu, Manado) dan Papua.

Loesiana Is 
Iggy Budiman H.

Pustaka buah: Terong Medan

2 Comments »

July 28th, 2011 Posted 2:20 pm

Nama buah: Terong Medan (Solanum melongena)

Photo: Dinar Ardanti

Daging
Warna: Putih (seperti terong bulat)
Rasa: mirip rasa terong bulat
Biji: banyak, dari ujung ke ujung.

Kulit
Warna: hijau + putih totol-totol

Fakta seru:
Harganya murmer (di supermarket 286 gram harga hanya 1860 Rupiah, nah di tukang sayur 250 gram kog 2500 Rupiah ya ? :O).
Bisa dimasak sayur asem, di-balado campur teri medan, atau seperti saran mba +ratna kusuma halim dimasak cabe hijau + cumi asin.

Dinar Ardanti

Pustaka Buah: Gandaria

No Comments »

July 21st, 2011 Posted 10:38 am

Nama buah: Gandaria (Bouea macrophylla)

Daging
Warna: hijau/kuning
Rasa: asem
Biji: satu

Kulit
Warna: hijau

Fakta seru: paling enak dibuat sambal terasi

Pustaka Buah: Kawista/Maja

No Comments »

June 24th, 2011 Posted 9:10 pm

photo: Irene Carolina Lewianto

Nama buah: Kawista, Kwista, Maja, Wood Apple, Elephant Apple, Monkey Fruit or Curd, Bael, Bengal quince, Stone Apple Fruit, Bael (Limonia acidissima/Aegle marmelos)
*karena berkerabat sangat dekat maka kami jadikan satu

Daging
Warna: saat mentah berwarna putih, saat matang menjadi coklat tua
Rasa: saat mentah rasanya sepat, saat matang rasanya manis dengan aroma yang khas
Biji: banyak

Kulit
Warna: coklat muda bertekstur pasir, kulitnya keras sekali seperti batu

Deskripsi lain : Pohonnya besar, berdaun kecil dan rindang. Buah mentahnya bisa untuk lalapan dengan sambal tauco. Yang matang biasanya dibuat dodol atau sirup

Fakta seru: dibuka dengan banting sekuat tenaga ke lantai

Tips: Jangan di bawah pohon :p

Irene Carolina Lewianto